• Breaking News

    Blogger Pemula dari Kabupaten Landak, Kalimantan Barat

    Saturday 18 March 2017

    Cara Membuat Tabel Postingan Blog

    Cara membuat tabel postingan blog ini sangat gampang dan mudah. Untuk membuat table postingan blog, biasa saya menggunakan Ms. Office Word / Microsoft Office Word. Ada banyak bentuk tabel yang dapat kita buat untuk postingan blog kita. Tergantung dari data apa yang ingin kita tambahkan pada postingan blog kita.
    Sebelum membuat postingan blog, ada baiknya jika artikel anda terlebih dahulu anda buat / kata-kata yang ingin anda cantumkan pada postingan blog anda di buat / diketik ke Ms word terlebih dahulu. Jika proses pengetikan sudah selesai, jangan lupa untuk memberikan sebuah tanda atau kode pada bagian-bagian artikel yang sudah anda ketik itu tadi. Kemudian Save As file tersebut. Jika proses penyimpanan selesai, buat dokumen baru, dokumen baru ini khusus untuk tabel saja. Ingat Hanya untuk membuat tabel!
    Jika dokumen baru sudah siap, silahkan buat bentuk tabel yang sesuai dengan data yang ingin anda cantumkan kedalam tabel tersebut. Jika ada kalimat yang ingin anda tulis untuk menjelaskan tabel tersebut, usahakan kalimat tersebut anda tulis kedalam tabel juga.
    Oke… Kita langsung praktek saja. Berikut cara-cara membuat tabel postingan blog.

    • Buka Microsoft office Word anda (Semua versi)
    • Buat tabel (tab Insert - Table) dan isi dengan data anda
    • Jika proses pembuatan tabel sudah selesai. Silahkan SAVE AS 
    • Berikut langkah Save As yang kita lakukan agar file ketikan kita / artikel yang kita buat dapat langsung kita jadikan postingan blog. Sava As → Others Formats → Web Page, Filtered → Save
    Gambar 1. Cara membuat tabel pada postingan blog
    Gambar 2. Cara membuat tabel pada postingan blog
    Jika pada proses penyimpanan keluar seperti gambar dibawah ini, Klik Yes
    Gambar 3. Cara membuat tabel pada postingan blog
    Dibawah ini adalah contoh tabel yang saya buat menggunakan Ms. Word.


    Daftar Piket Kelas
    Waktu
    Senin
    Selasa
    Rabu
    Kamis
    Jum’at
    Sabtu
    07:00 -09:30






    Istirahat
    10:00 - 12:30







    Daftar Piket Kelas
    Waktu
    Senin
    Selasa
    Rabu
    Kamis
    Jum’at
    Sabtu
    07:00 -09:30






    Istirahat
    10:00 - 12:30







    Daftar Piket Kelas
    Waktu
    Senin
    Selasa
    Rabu
    Kamis
    Jum’at
    Sabtu
    07:00 -09:30






    Istirahat
    10:00 - 12:30







    Daftar Piket Kelas
    Waktu
    Senin
    Selasa
    Rabu
    Kamis
    Jum’at
    Sabtu
    07:00 -09:30






    Istirahat
    10:00 - 12:30








    Tabel diatas semuanya saya buat menggunakan Ms. Word. Nah, langkah selanjutna, bagaimana cara mengimput tabel tersebut kedalam postingan blog.
    Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

    • Pertama-tama anda copas artikel dari word yang sudah anda buat tadi kedalam postingan anda.
    • Jika artikel / postingan blog anda sudah anda siapkan, sekarang buka doc tabel yang anda buat tadi (Double Click saja, file tersebut akan terbuka di tab baru pada browser yang anda gunakan)
    • Jika file sudah terbuka tekan CTRL+U pada keyboard anda, copas kode yang tampil disana Mulai dari <table (paling atas) sampai </table> (paling akhir)
    • Jika proses seleksi sudah selesai tekan CTRL+C pada postingan baru blog anda ganti mode Compose menjadi HTML.
    • Cari kalimat dimana anda akan memasukan tabel tersebut, jika sudah ketemu tekan CTRL+V, kemudian ganti Mode HTML menjadi Compose lagi, dan lihat hasilnya
    • Selesai

    (Catatan: Jika tabel anda berbeda-beda untuk tiap penjelasan yang anda paparkan dalam postingan blog anda, Copas satu persatu tabel yang sudah anda buat dengan cara seperti diatas. Kode: <table sampai </table> ini menandakan awal dan akhir tiap tabel).
    Seperti itulah cara saya membuat tabel pada postingan blog saya. Sekian artikel dari saya, semoga artikel ini dapat membantu / memberikan solusi yang positif atas keluhan anda dalam menulis artikel / postingan blog anda. Terima Kasih.

    Sekian artikel tentang "Bagamana Cara Membuat Tabel Postingan Blog" Semoga dapat bermanfaat. Jika artikel ini menarik untuk diketahui oleh banyak orang, silahkan share menggunakan media sosial yang anda gunakan. Dan buat kalian yang membaca artikel ini sambil menerapkan / praktek langsung menggunakan cara-cara yang saya tuliskan dalam artikel ini jangan lupa untuk meninggalkan sepatah dua patah kata di kolom komentar, kritik dan saran juga tidak masalah, karena saya juga masih dalam proses belajar di dunia blog ini. Atau mungkin ada yang belum dipahami, silahkan tanyakan langsung via komentar di kotak komentar yang sudah kami sediakan. Sekali lagi terimakasih, salam blogger.

    Penulis: Nicko Babaro

    No comments:

    Post a Comment

    Tambahkan Komentar Kritik & Saran anda dibawah ini.
    * Berikan Komentar yang membangun
    * No Spam

    KUASAI SEO

    Suku Dayak

    Pengetahuan Umum

    Blog Pak Ikem

    Blogger Landak