• Breaking News

    Blogger Pemula dari Kabupaten Landak, Kalimantan Barat

    Friday 3 March 2017

    Cara Mudah Memasak Nasi Ala Anak Kost

    Cara Mudah Memasak Nasi Ala Anak KostBagaimana cara memasak Nasi? Jika anda sudah pernah melakukan pekerjaan dapur saya yakin anda pasti sudah tahu bagaimana cara memasak nasi. Apalagi jika anda tinggal jauh dari orang tua dan saudara anda, sebut saja sekarang anda tinggal di sebuah kontrakan atau kost-kostan. Menurut saya anda harus tahu bagaimana cara memasak nasi. Bagi orang yang sudah terbiasa dengan pekerjaan dapur, nasi adalah masakan yang paling mudah dan gampang untuk dilakukan, apalagi sekarang dengan adanya magicom. Sebagai mahasiswa/ mahasiswi, untuk menghilangkan budaya serba instan itu memang tidak mungkin, tetapi kita juga tidak ingin dikatakan sebagai seseorang yang serba instan dan cuma tahu makan saja.
    “Masakan yang paling enak dan lezat dan tetap ekonomis itu adalah masakan kita sendiri”
    Cara Memasak Nasi

    Dan saya yakin anda sudah tahu tentang hal tersebut. Bayangkan saja anda hanya memiliki uang Rp. 20.000, jika uang tersebut anda gunakan untuk makan diwarung, uang sebanyak Rp. 20.000 mendapat 1 porsi makanan + beberapa lauk, sayuran dan minuman, dan hanya bisa anda nikmati sekali saja. Tetapi jika anda makan / membuat masakan sendiri, uang sebanyak Rp. 20.000 bisa anda makan sebanyak 2 sampai 3 kali. Misalkan: 10.000 anda gunakan untuk membeli beras, dan 10.000 nya lagi anda gunakan untuk membeli lauk / sayuran beserta bumbu-bumbunya. Dalam hal ini, anda tidak perlu repot mencari warung makan karena anda sudah dapat melakukannya.
    Bagaimana cara belajar memasak Nasi?
    Ok… untuk menjawab pertanyaan diatas sangat gampang, yang perlu anda siapkan adalah berasnya dan perabot yang anda gunakan untuk memasak nasi tersebut.
    Pada artikel kali ini saya akan berbagi beberapa cara memasak nasi, baik menggunakan kompor, magicom maupun menggunakan kayu bakar, namun teknik yang kita gunakan tidak jauh berbeda. Karena kunci dari memasak nasi ini tergantung dari banyaknya air yang kita tambahkan kedalam wadah yang kita gunakan untuk memasak nasi tersebut.
    A. Teknik memasak nasi menggunakan Magicom
    Cara memasak nasi menggunakan magicom ini adalah cara yang paling mudah dan gampang untuk anda lakukan, jika anda sedang belajar atau sebut saja baru pertama kali belajar memasak nasi. Saya sarankan anda untuk menggunakan cara memasak nasi menggunakan magicom ini. Karena memasak nasi menggunakan magicom ini, anda hanya bekerja sekali saja “ Nasi Anda Pasti Matang ”.
    Berikut cara memasak nasi menggunakan magicom.
    • Siapkan Magicom
    • Tambahkan 2 gelas beras ke dalam teplon.
    • Cuci terlebih dahulu beras tersebut
    • Setelah dicuci, tambahkan air lagi dan ukur air tersebut.
    • Untuk ukuran air, gunakan jari telunjuk anda, dan usahakan air sebanyak 2 ruas jari anda.
    • Setelah pengukuran air yang digunakan untuk memasak ditambahkan, lap teplon tersebut, agar magicom anda tetap terawatt hehe, kemudian masukan kedalam magicom dan tancapkan colokan kabel yang ada pada magicom tersebut ke saklar yang ada di ruangan anda, misalnya di dapur atau kamar anda.
    B. Teknik memasak nasi menggunakan Kompor Gas / Kompor Minyak
    Cara memasak nasi menggunakan kompor gas / kompor minyak ini sedikit sulit digunakan untuk yang baru belajar memasak. Karena api pada kompor perlu anda perhatikan juga agar nasi yang sedang anda masak tidak gosong dan juga tidak mentah.
    Untuk pengukuran air sama persis seperti cara memasak nasi menggunakan magicom diatas. Yang membedakannya adalah perabot dapur yang anda gunakan untuk memasak nasi tersebut. Dan usahakan menggunakan perabot yang tahan bakar. Sekali lagi saya ingatkan, proses pengukuran air sama seperti cara memasak nasi menggunakan magicom.
    Yang akan saya sebutkan dibawah ini adalah cara melihat dan mengatur api pada kompor.
    Berikut ini adalah langkah dan cara yang harus anda perhatikan saat memasak menggunakan kompor gas / kompor minyak:
    • Letakan wadah berisi beras dan air diatas kompor (jangan lupa untuk menutupi wadah yang anda gunakan untuk memasak tersebut)
    • Nyalakan api kompor tersebut (usahakan tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil agar panas yang diantarkan pada wadah yang anda gunakan tetap stabil dan tunggu sampai mendidih)
    • Jika sudah mendidih, aduk nasi tersebut, kemudian tutup kembali. Kecilkan sedikit saja api kompor tersebut. (Jika nasi terlihat memiliki banyak air buka tutup wadah yang anda gunakan untuk memasak nasi tersebut)
    • Jika nasi yang sedang anda masak sudah hampir matang, kecilkan api kompor sekecil – kecilnya agar nasi yang sedang anda masak tersebut tidak gosong. (Karena anda baru belajar memasak nasi menggunakan kompor, saya sarankan kepada anda untuk tetap melihat dan memeriksa ukuran api kompor anda)
    • Jika nasi yang sedang anda masak sudah benar-benar matang, jangan lupa untuk mematikan kompor tersebut. Untuk menghindari hal yang tidak-tidak.

    C. Cara memasak nasi menggunakan kayu bakar
    Cara memasak nasi menggunakan kayu bakar ini adalah cara yang paling sulit dan mungkin juga paling menyebalkan bagi yang baru belajar memasak nasi. Disamping banyak asap yang membuat kita seperti orang yang sedang menangis, memasak nasi menggunakan kayu bakar ini juga membuat kita seperti orang yang malas mandi hehe. Namun menurut saya, nasi yang paling enak itu adalah nasi yang dimasak menggunakan kayu bakar ini, aroma nasinya lebih khas. Apalagi kalau beras yang kita masak itu adalah beras dari kampung, wow… membuat selera makan meningkat menjadi 10 kali lipat hehe.
    Oke… cara memasak nasi menggunakan kayu bakar ini hampir mirip dengan cara yang pertama dan yang kedua, yang membedakannya sumber pemanasnya. Untuk anak kost mungkin memasak menggunakan kayu bakar ini tidak mungkin terjadi apalagi anak kost yang berada di kota. Setidaknya untuk mendapatkan kayu bakar ini cukup sulit. Kecuali anak kost yang hobinya adventure gitu hehe.
    Seperti yang sudah kita bahas diatas, yang perlu kita perhatikan adalah api dari kayu bakar tersebut. Terkadang tidak semua kayu memiliki bara saat dibakar bahkan ada juga kayu yang Cuma mengeluarkan asap  saat dibakar. Hal tersebut menyulitkan kita saat memasak nasi. Namun dari masalah diatas, ada beberapa saran untuk memilih kayu bakar yang cocok dipergunakan untuk kayu bakar. Berikut adalah tips mencari kayu bakar yang mungkin membantu anda untuk memilih kayu bakar:
    Saya berasal dari Kalimantan, sebelum mengenal kompor gas / kompor minyak maupun magicom, dapur pertama kali yang saya kenal adalah dapur yang menggunakan kayu bakar. Segala jenis masakan dimasak menggunakan kayu bakar. Memang sulit jika dibayangkan, namun pengalaman tersebut membuat saya paham betul untuk memilih kayu bakar yang cocok untuk kita gunakan saat memasak.
    Nah, berikut ini adalah tips yang harus perlu kalian perhatikan:
    • Cari kayu yang sudah mati
    • Selain kayu yang sudah mati, cari kayu yang direkomendasikan untuk memasak. (dikampung seperti daerah tempat tinggal saya, tidak semua kayu mati bisa digunakan untuk memasak, karena dari macam-macam kayu mati tersebut, ada kayu mati kalau dibakar membuat kita sekeluarga sakit, misalnya kayu dari pohon jengkol. Pohon jengkol sangat tidak bleh untuk dibakar sembarangan apalagi digunakan untuk memasak didapur)
    • Selain 2 tips diatas, untuk menyalakan api, carilah sebatang pohon bamboo yang sudah hampir membusuk namun masih kering, dan potong sekecil mungkin. Untuk pertama menyalakan api ini, usahakan jangan terlalu banyak menggunakan daun kayu maupun daun lainnya, karena akan menimbulkan banyak asap. Kecuali tujuan anda menyalakan api untuk mengusir nyamuk.
    • Kayu yang direkomendasikan untuk memasak (untuk jenis kayu ini saya sebutkan menggunakan bahasa daerah saya): Yang pertama adalah pohon karet / ranting dari pohon karet yang sudah mati. Jika jenis pohon ini sulit anda temukan gunakan ranting dari semak-semak yang ada disekitar anda, usahakan yang sudah mati juga. Dan ingat, jangan gunakan pohon maupun ranting jengkol.

    Itulah jenis kayu bakar yang sangat cocok untuk anda gunakan. Jika memang keadaannya sangat sulit untuk didapatkan, gunakan potongan kayu dari sisa bangunan yang ada disekitar anda. Untuk menyalakan api dari sisa potongan kayu / sisa kayu yang digunakan sebagai bahan bangunan ini. Gunakan kresek (kantong kresek / kantong plastic yang berwarna hitam), gulung plastic tersebut hingga padat, siapkan potongan kayu berukuran kecil sebagai perangsang untuk menyalakan api, kemudian bakar plastic yang sudah digulung tersebut dan letakan diatas kayu yang sudah dipotong kecil itu tadi. Kemudian letakan sedikit demi sedikit kayu yang berukuran besar diatas api yang dinyalakan itu tadi. Sambil menunggu api benar-benar menyala, siapkan kayu yang akan anda gunakan untuk tungku. Jika semuanya sudah selesai anda siapkan dan api sudah mulai membesar letakan wadah yang anda gunakan untuk memasak nasi diatas kayu bakar yang sudah menyala itu.
    Tidak sulit bukan hehe, oke…  buat yang baru pertama kali memasak menggunakan kayu bakar, selamat mencoba ya…. Sekian artikel tentang cara memasak nasi, semoga bermanfaat untuk kita semua, jika ada kesalahan maupun ada kata yang sulit untuk dipahami saya minta maaf. Dan jika ada pertanyaan, silahkan layingkan pertanyaan anda di kolom komentar dibawah ini.

    Terima kasih atas kunjungan anda, salam Blogger…

    No comments:

    Post a Comment

    Tambahkan Komentar Kritik & Saran anda dibawah ini.
    * Berikan Komentar yang membangun
    * No Spam

    KUASAI SEO

    Suku Dayak

    Pengetahuan Umum

    Blog Pak Ikem

    Blogger Landak