• Breaking News

    Blogger Pemula dari Kabupaten Landak, Kalimantan Barat

    Tuesday 14 February 2017

    Melihat Dan Memanfaatkan Peluang Usaha Untuk Daerah Pedesaan

    Melihat Dan Memanfaatkan Peluang Usaha Untuk Daerah PedesaanApakah anda salah satu orang yang tinggal jauh dari kota / sebut saja Desa? Jika berbicara bisnis, bisnis seperti apa yang ingin anda kembangkan di Desa anda? Tinggal disebuah desa, apalagi di sebuah desa yang sangat jauh dari kota bukanlah sebuah halangan untuk anda membuka dan memulai usaha. Karena anda sudah tau apa yang paling dibutuhkan masyarakat desa anda, tentu anda sudah menentukan usaha apa yang ingin anda kembangkan. Jika anda sudah / sedang ingin memulai usaha di desa anda, seperti yang sudah saya sebutkan diatas cari tau apa yang yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar anda, kemudian tentukan bisinis / usaha yang akan anda kembangkan. Akan lebih bagus lagi jika usaha yang sedang anda kembangkan merangkap, seperti menjual sembakau sambil menjual pulsa, dan sebagainya. Namun modal yang kita keluarkan untuk membuka usaha seperti itu tidaklah sedikit, apalagi jika usaha yang sedang ingin kita kembangkan  toko sembakau seperti yang sudah saya contohkan diatas.
    Peluang Usaha Untuk Daerah Pedesaan
    Jangan takut untuk membuka usaha di desa. Seperti yang kita ketahui, membuka usaha didesa bukan berarti kita tidak bisa berkembang, apalagi kalah dari orang yang membuka usaha di Kota. Kuncinya adalah kita harus sabar, focus dan kerja keras dengan usaha yang akan kita kembangkan itu. Kemudian, jangan terlalu bernafsu untuk mendapatkan keuntungan yang besar, karena berpikir seperti itu akan merusak usaha bisnis anda.
    Menurut saya pribadi, membuka usaha di kampung / desa akan sangat lebih mudah, apalagi untuk kita yang baru ingin belajar memulai membuka usaha bisnis. Seperti judul artikel kali ini “PeluangUsaha Untuk Daerah Pedesaan” Kita sudah melihat dan bagaimana cara kita memanfaatkan apa yang sudah kita lihat itu. Jika kita jeli dalam melihat kebutuhan sehari-hari kita dan kebutuhan tetangga kita, berarti anda calon pengusaha yang akan sukses dalam memanfaatkan peluang usaha di desa.
    Kata kunci “Kesuksesan ada dalam usaha dan kerja keras” So, jika kita tidak kerja keras maka jangan berharap untuk mendapatkan kesuksesan itu.
    Pada artikel kali ini, ada beberapa contoh usaha yang dapat anda kembangkan di kampong / di desa tempat tinggal anda.
    Berikut contoh peluang usaha yang dapat kita manfaatkan di kampong / desa tempat tinggal kita:
    • Menjual Pulsa Elektrik / Token Listrik.
    Mengapa menjual pulsa? Seperti yang kita ketahui di zaman yang serba modern ini, handphone / smartphone bukan sebuah hal mewah yang dulunya hanya dimiliki oleh orang yang tinggal di kota saja, sekarang handphone / smartphone sudah masuk di kampong / desa, bahkan orang yang tinggal di pelosok yang tempatnya jauh dari jangkauan sinyalpun sekarang sudah memiliki barang tersebut. Jika mereka sudah sudah memiliki barang seperti handphone / smartphone, mereka pasti membutuhkan pulsa. Nah, sekarang tinggal bagaimana cara anda untuk mencari tempat yang strategis untuk mengembangkan usaha anda untuk menjual pulsa tersebut. Saran saya, carilah sebuah tempat yang paling strategis. Disamping menjual pulsa anda juga dapat menjual token listrik. Bayangkan saja jika anda adalah orang pertama yang membuka usaha seperti itu dikampung anda.
    • Membuka Usaha Service Barang Elektronik
    Selain menjual pulsa elektrik / token listrik, usaha yang dapat anda kembangkan juga adalah membuka tempat service barang elektronik. Menurut pengalaman dan apa yang sudah saya lihat di kampung, barang elektronik adalah barang yang paling berharga, selain harganya yang bisa dikatakan mahal dan paling berharga. Dan jika barang elektronik tersebut sudah rusak, jarang sekali mereka mau memperbaikinya, selain karena akses ke tempat service elektronik tersebut jauh, juga karena mereka sering berpikir “lebih baik saya membeli yang baru dari pada harus memperbaiki”, saya pikir mereka benar. Tapi tunggu dulu, mereka berpikir seperti itu, sebenarnya uma karena akses / jarak tempuhnya saja. Karena biasa untuk memeperbaiki barang elektronik tidak langsung baik dalam 1 hari pengerjaan disamping para pekerja memiliki banyak antrian pekerjaan (Memperbaiki barang elektronik pelanggan lainnya).
    Membuka usaha seperti service elektronik ini sangat cocok untuk anda yang hobi mengotak-atik barang elektronik + mengerti dengan barang elektronik itu sendiri. Tapi ingat, mengotak-atik disini bukan berarti menukar suku cadang yang di harus diganti ya, usahakan yang anda lakukan untuk saling menjaga kepercayaan antara anda dan pelanggan anda. Jika usaha memiliki image yang baik, maka tetangga dan kerabat pelanggan anda akan berdatangan meminta bantuan anda.
    Jika berbicara keuntungan, usaha seperti service elektronik ini, sangat menjajikan untuk dikembangkan. Bagaimana? Apakah anda tidak ingin menyalurkan bakat anda untuk membuka usaha seperti ini? Keputusan ada ditangan anda. :)
    • Membuka Usaha Menjahit
    Ada banyak sekali jenis usaha yang dapat kita kembangkan, selain jenis usaha yang sudah kita bahas diatas, ada lagi jenis usaha yang harus kita kembangkan. Salah satunya seperti usaha menjahit / permax pakaian. Jika anda atau mungkin istri anda memiliki kemampuan dalam menjahit pakaian, saya sarankan kepada anda untuk segera membuka jenis usaha menjahit ini.
    Saya yakin sekali, dikampung maupun didesa, usaha seperti menjahit / permax pakaian ini masih langka, bahkan dikampung dan desa tempat tinggal saya, usaha seperti ini masih belum ada. Bayangkan saja jika di kampung atau desa anda usaha seperti ini masih belum ada juga. Tapi ingat, usaha seperti ini boleh anda kembangkan jika anda sudah mengerti dan akrab dengan mesin jahit. Karena anda tidak ingin anda mendapatkan cap yang tidak baik dari pelanggan anda. Keterampilan dan kerapian dalam menjahit sangatlah dituntut dalam usaha seperti ini. Untuk itu anda harus menjaga image anda dalam melayani pelanggan anda. Jika usaha anda sudah berkembang, kemungkinan besar anda dapat membangun kios dan mencari karyawan baru untuk memantu anda dalam mengembangkan usaha anda ini, jadi ada waktunya anda tinggal memantau karyawan anda. Tidak lama anda sudah menjadi boss dari karyawan-karyawan anda J
    • Membuka Toko Pakaian
    Selain usaha menjahit pakaian diatas, anda juga dapat mengembangkan usaha seperti membuka toko pakaian. Saya membayangkan, jika saya memiliki keterampilan dalam menjahit pakaian, dan membuka toko pakaian. Dalam toko pakaian tersebut sangat tidak menutup kemungkinan hasil jahit yang saya buat saya jual di toko pakaian yang sedang saya kembangkan.
    Apakah anda sudah mengetahui kalau pakaian / sandang termasuk kebutuhan pokok manusia? Saya yakin anda pasti sudah mengetahuinya. Usaha toko pakaian ini adalah salah satu usaha yang paling mudah dan cepat berkembang. Di desa-desa, toko pakaian ini jarang atau bahkan sangat jarang untuk kita temukan. Untuk mendapatkan pakaian, masyarakat yang tinggal di desa harus membuang waktunya untuk mencari dan mendapatkan pakaian di kota. Nah, sekarang anda bayangkan lagi, bagaimana kalau di desa anda yang jauh dari kota membuka dan mengembangkan usaha seperti membuka toko pakaian seperti ini. Orang-orang kampung yang tinggalnya tidak jauh dari tempat tinggal anda akan mencari dan mendapatkan pakaian yang mereka inginkan di toko pakaian anda. Sambil menunggu pembeli datang, anda juga dapat memulai promosi di medsos yang anda miliki untuk menambah pelanggan anda.
    Usaha seperti membuka toko pakaian ini adalah sebuah usaha yang memiliki banyak konsumen, begitu juga dengan keuntungan yang di dapatkan.
    Jika anda memiliki ide untuk memulai usaha seperti membuka toko pakaian ini, segera lakukan dan buka toko pakaian sekarang juga, sebelum tetangga anda memulainya lebih dulu dari anda. :) 
    • Membuka / Memulai Bisnis Online
    Apakah anda pernah mendengar istilah bisnis online? Apa itubisnis online?
    Menurut saya pribadi, bisnis online ini adalah sebuah bisnis yang dilakukan dengan cara online menggunakan beberapa barang elektronik seperti laptop / computer dan smartphone yang terhhubung ke internet untuk membantu kita mempromosikan barang yang sedang kita jual.
    Apa yang akan kita jual?
    Seperti jenis usaha yang sudah kita sebutkan diatas, seperti menjual / mempromosikan pakaian yang kita jual dan mempromosikan kalau kita sedang membuka usaha jahit menjahit pakaian,  semuanya bisa kita promosikan secara online. Apalagi sekarang orang sudah akrab dengan media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instgram, BBM dan media sosial lainnya. Tentu akan sangat membantu sekali untuk mempromosikan bahkan menjual habis stok jualan kita. Syaratnya kita harus ramah dengan siapapun yang ingin melakukan komunikasi dengan kita tentang apa yang kita jual / barang apa yang masih tersedia untuk kita jual.
    • Membuka Pom Bensin Mini
    Sadarkah anda, kalau alat transportasi seperti sepeda motor sudah miliki banyak orang, termasuk orang yang tinggal jauh dari pusat kota (sebut saja desa). Mereka yang sudah memiliki kendaraan itu adalah mereka yang membutuhkan bensin. Apa yang anda lihat di tempat tinggal anda? Apakah pom bensin atau kios bensin ini mudah anda dapatkan? Jika masih sulit untuk anda temukan, saya merekomendasikan kepada anda untuk segera memberikan solusi dari masalah ini, seperti membuka usaha kios bensin / pom bensin mini. Sekali lagi, carilah tempat yang sangat strategis, mudah diakses dan tentu sering dilewati oleh para pengendara. Saya yakin, produk dan layanan yang anda berikan pasti akan dibutuhkan, selain mudah untk diakses anda juga memberikan kemudahan bagi pemilik alat transportasi yang ada didesa anda.
    • Membuka Toko Kelontong
    Jika anda sudah memiliki sebuah keluarga, untuk menambah penghasilan keluarga, memulai dan membuka toko kelontong adalah salah satu solusi untuk menambah penghasilan anda. Usaha seperti toko kelontong ini adalah jenis usah sampingan yang sangat cocok dikembangkan oleh ibu rumah tangga. Usaha jenis toko kelontong ini adalah usaha ukuran sederhana, dimana yang anda jual dalam toko anda adalah kebutuhan sehari-hari, seperti sembakau, bumbu masakan, makanan ringan seperti snack dan gorengan, perabot rumah tangga dan masih jenis barang lainnya.
    Walaupun jenis usaha ini termasuk jenis usaha sederhana, tapi bukan berarti anda tidak bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Justru jenis usaha seperti inilah yang akan mendapatkan keuntungan yang besar.
    Selain menyediakan barang seperti sembakau, bumbu masakan dan perabot rumah tangga, anda juga dapat menjual bensin dan pulsa elektrik di toko anda.
    Itulah beberapa cara untuk memanfaatkan peluang usaha untuk daerah pedesaan, sebenarnya masih banyak jenis usaha lainnya yang dapat kita kembangkan. Salah satunya seperti menjual bibit tanaman dan bibit hewan peliharaan. Namun untuk artikel ini saya rasa cukup sampai disini dulu.
    Jika ada kesalahan dalam penulisan artikel tentang peluang usaha untuk daerah pedesaan ini saya minta maaf. Dan terima kasih atas kunjungan anda, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu menjawab pertanyaan anda dalam mengembangkan usaha bisnis di daerah pedesaan. Jika ada yang kurang jelas dari apa yang sudah saya tulis dalam artikel ini, silahkan berikan pertanyaan di kotak komentar yang sudah kami sediakan. Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih. Salam Blogger 

    No comments:

    Post a Comment

    Tambahkan Komentar Kritik & Saran anda dibawah ini.
    * Berikan Komentar yang membangun
    * No Spam

    KUASAI SEO

    Suku Dayak

    Pengetahuan Umum

    Blog Pak Ikem

    Blogger Landak